Saturday, August 19, 2017

Review Lagu: Musik dan Lirik Malibu - Miley Cyrus

MALIBU
But here I am, next to you
The sky's more blue in Malibu
Next to you in Malibu
Next to you

Mendengar kata 'Malibu', tentunya pikiran kita tertuju pada daerah pantai di Los Angeles, Amerika. Los Angeles sendiri terkenal sebagai tempatnya selebriti Hollywood. Sedangkan kota Malibu menjadi lokasi pilihan tempat tinggal para selebriti, penulis maupun desainer kondang dunia, selain Beverly Hills. Malibu terkenal akan keindahan lokasinya di sepanjang pesisir pantai dengan pesona alam yang menggoda dan paparan cahaya matahari yang indah di siang hari.


Ketika mengetahui lagu baru Miley Cyrus berjudul Malibu, saya berekspektasi bahwa lagu tersebut akan mejadi lagu yang hingar bingar dengan musik EDM kencang yang menggambarkan kehidupan selebriti Hollywood. But i was wrong. Musik dan liriknya sangat jauh dari ekspektasi saya tersebut. Bahkan, Cyrus menyanyikannya dengan sangat indah. What a beautiful song.

 

Musik: 
Jangan pernah katakan lagu ini adalah lagu pop murni. Beat-nya kedengaran seperti lagu pop. Tapi jangan salah sobat, jika Anda menyatakannya sebagai lagu country masih lebih masuk akal. Yang pastinya petikan senar gitar di awal lagu menyatakan Malibu adalah lagu rock, tepatnya soft-rock. 

Malibu adalah salah satu lagu di album terbarunya Miley Cyrus yaitu Younger Now yang masih dalam tahap pengerjaan. Lagu Malibu ini dinyanyikan Cyrus dengan sangat tenang sehingga membuat lagu ini sangat easy listening. Petikan gitar dengan tempo yang sedang dan musik yang sederhana dengan tone yang tidak banyak dinamika menjadikan Malibu sangat enak didengar kapapun. Sejujurnya lagu ini bisa didengar dalam situasi apapun dan waktu kapanpun, terlepas dari liriknya. 

Dengan irama soft rock dan beat yang sedikit nge-pop (140 bpm), Malibu dinilai menjadi lagu melow-nya Cyrus. Penulis lagu ini adalah Miley Cyrus (mostly) dan Oren Yoel. Oren Yoel sendiri menangani lagu Adore You-nya milik Cyrus yang juga termasuk lagu pop slow-nya Cyrus. Sepertinya ada kecocokan diantara keduanya dalam proyek bersama menciptakan lagu yang melow untuk Cyrus. Kabarnya, lagu berdurasi 3 menit ini dibuat, ditulis, dan digubah oleh Cyrus dan timnya setelah melewati hasil diskusi panjang lebar dengan tunangannya Liam Hemsworth. Karenanya dapat dipastikan bahwa lagu ini merupakan love song yang menceritakan mengenai kehidupan cinta seseorang (mungkin Cyrus dan Hemsworth).

Untuk warna suara, Miley Cyrus sudah tidak diragukan lagi. Dia memiliki vocal range yang cukup tinggi. Cyrus memiliki tipe suara mezzo-soprano dengan warna suara agak deep atau berat dengan suara yang serak. Dengan demikian, suaranya sangat cocok mengisi irama lagu Malibu ini. Cyrus menyanyikannya dengan suara low register yang merupakan keahliannya sehingga lagu ini tidak terkesan banyak dinamika dan sungguh enak di telinga.

Lirik:
Sebelum mendalami makna lirik lagu Malibu, saya ingin menyampaikan pendapat beberapa media mengenai lagu Malibu ini. Menurut Rolling Stone, lagu Malibu ini merupakan lagu berkarakter pop rock. The New York Times mengatakan bahwa dalam lagu Malibu ini Cyrus bernyanyi mengenai kegelisahan di masa lalu, kesenangan di masa sekarang, dan kemudian memahami Cyrus melalui lirik "Hoping I just stay the same, and nothing will change/And it'll be us, just for while". Saat diwawancara Billboard Magazine, Cyrus juga mengatakan bahwa lagu ini tentang tunangannya, Liam Hemsworth yang mana lagu ini ditulis dalam perjalanan ke acara The Voice (as judges)



Lirik pembuka atau bagian verse 1 dari lagu ini memiliki makna yang sangat dalam. Malibu memang sangat identik dengan pantai sehingga sebelum masuk dalam kata Malibu, segala hal yang berhubungan dengan Malibu dijadikan pengantar oleh Cyrus. Great lyrics

I never came to the beach, or stood by the ocean 
I never sat by the shore, under the sun with my feet in the sand 
But you brought me here and I'm happy that you did 
'Cause now I'm as free as birds catching the wind

Mari kita lanjutkan, pada bagian verse 1 ini, Cyrus menyatakan dia tidak pernah ke pantai atau berdiri di tepi laut, di bawah matahari dengan kaki di pasir, tapi Sang kekasih membawanya ke sini dan dia senang sang kekasih melakukannya. Sobat, pantai itu selalu menggambarkan sebuah kebahagiaan yang luas. Jika kamu ingin refreshing, pantai adalah tempat terbaik. Kamu bisa memandang indahnya ombak bergulung, sinar matahari, hamparan pasir, dan melihat orang-orang yang bahagia. Bagian ini sangat jelas menggambarkan betapa bahagianya Cyrus sekarang, karena Sang Kekasih. 

I always thought I would sink, so I never swam 
I never boating, don't get how they are floating 
And sometimes I get so scared of what I can't understand 
Cyrus kemudian membuat perbandingan dalam bagian ini. Bagian ini bukanlah sebuah bagian yang jelas tapi sangat metafora. Cyrus sengaja membandingkan kehidupan masa lalu dan sekarang. Intinya pada bagian ini adalah kehidupan masa lalu bukanlah kehidupan yang menyenangkan karena jauh dari apa (pantai) yang bisa membawa kebahagiaan. Pantai hanya objek nyata, tetapi sebenarnya secara tersirat maknanya luas seperti luasnya pantai. Sebagai pengingat, kisah cinta Cyrus dan Hemsworth dimulai dari film The Last Song which is syutingnya juga masih banyak mengambil lokasi pantai.

Chorus 1
But here I am, next to you
The sky's more blue in Malibu 
Next to you in Malibu 
Next to you
Bagian ini berisi kesadaran, pengakuan, dan dedikasi dari Cyrus kepada sang tunangan. 


Verse 2 lagu Malibu merupakan sebuah pengakuan dari Malibu terutama di bagian lirik "I never would've believe you if three years ago you told me, I'd be here writing this song". Sangat terasa kehidupan Cyrus di tahun 2013 sampai tahun 2016 saat putus dengan Hemsworth menjadi kehilangan kebahagiaannya. Tetapi perjuangan Hemsworth membawa kembali Cyrus pada kebahagiaan di tahun 2016 menjadi ungkapan hati seorang Cyrus di lagu ini. 

Sobat, bagian outro sekaligus penutup lagu, Cyrus menyampaikan terima kasih kepada Hemsworth. Ada part yang juga menyatakan bahwa terkadang dia merasa seperti tenggelam, tapi Hemsworth ada di sana untuk menyelamatkanku. Kemudian dalam bagian terakhir outro, Cyrus menyatakan bahwa "It's a brand new start. A dream come true in Malibu". Setelah mengumumkan kebersamaannya kembali, Cyrus dan Hemsworth mempublikasikan bahwa mereka telah bertunangan. Mungkin karenanya Cyrus kemudian mengatakan dalam lagunya bahwa mimpi menjadi kenyataan.



Pengamatan Author: 
Lagu Malibu adalah lagu dengan lirik yang tegas. Irama yang sepertinya sengaja diaransemen dengan nada datar dan sama dari awal sampai akhir sangat jelas mengungkapkan perasaan yang seimbang dalam hidup Cyrus sekarang ini.
 

Dalam lagu ini, Miley Cyrus juga terlihat sangat tenang, bahagia dan jauh dari raut wajah gelish atau liar. Cyrus memiliki ketakutan dalam hidup jika 'terjatuh' kembali tetapi ia percaya Hemsworth selalu ada menyelamatkannya. 

Dalam lagu ini kita bisa mengetahui seberapa besar peranan Hemsworth dalam hidup Miley Cyrus, yang sempat menjadi bad girl dan terlalu antusias dalam menjalani hidup.I actually love this song, and also love Miley and Liam when they are together. I think the bad girl has gone. Thanks Liam to get the best Miley back.


-----fulstop-----

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

...