Wednesday, August 23, 2017

Mengenal Sosok Kendrick Lamar


PROFIL KENDRICK LAMAR

LOVE
Just love me
I wanna be with you ayy
I wanna be with


Penyanyi Hip Hop atau rapper yang terkenal dengan panggilan K-Dot ini semakin bersinar di tahun 2017. Kendrick Lamar menghentakkan dunia musik Hip Hop bahkan billboard di tahun 2017 melalui album DAMN dengan beberapa lagu yang difavoritkan sekian juta pendengar musik antara lain Humble, Love, God, termasuk "Loyalty" (featuring Rihanna). Lagu "Humble" bahkan pernah bertengger di puncak billboard dan Loyalty berada dalam 5 (lima) besar Billboard.

Siapakah Kendrick Lamar?

Tahun 2016 bisa dibilang merupakan puncak karir Lamar sebagai penyanyi Hip Hop. Bagaimana tidak, Lamar memenangkan penghargaan Grammy yang merupakan anugerah bermusik bagi seorang penyanyi. Pada Grammy Awards 2016, Lamar memenangkan 5 (lima) penghargaan yang mana merupakan pemenang terbanyak untuk Grammy Awards 2016, yaitu Best Rap Performance (Alright), Best Rap/Sung Collaboration (These Walls), Best Rap Song (Alright), Best Rap Album (To Pimp a Butterfly), dan Best Music Video (Bad Blood). Tak hanya itu, pada Grammy Awards 2016 Lamar juga merupakan penyanyi dengan nominasi terbanyak yaitu ada 11 (sebelas) nominasi. Sebenarnya Lamar juga pernah memenangi penghargaan Grammy Award di tahun 2015 atau tepatnya tahun ke-57 ajang pengharagaan Grammy untuk katagori Best Rap Perfomance dan Best Rap Song. Di tahun 2014, Lamar juga masuk dalam nominasi Grammy Awards untuk 7 (tujuh) katagori, tetapi ia belum beruntung saat itu. Di tahun 2015 ia menang, dan kemudian pada tahun 2016 juga ia menyabet 5 (lima) penghargaan. Luar biasa!!

Sobat, Kendrick Lamar merupakan rapper Amerika berasal dari Compton, California. Terlahir dengan nama lengkap Kendrick Lamar Duckworth, di tanggal 17 Juni 1987, Lamar merupakan rapper yang merintis karir bermusiknya dari usia dini. Lagu pertama yag dinyanyikan oleh Kendrick Lamar sebagai debut komersialnya adalah The Recipe. Masa kecil Kendrick Lamar hampir sama dengan masa kecil orang kulit hitam pada umumnya yang penuh dengan kehidupan jalanan dan perkelahian antar gang. Hal inilah yang membuat Lamar dan keluarganya pindah dari California (Compton) ke Chicago untuk keluar dari budaya gangster. Lamar pernah membuat lagu remix di tahun 2004 "Training Day" dan tahun 2009 "C4". Saat masih remaja dan menggeluti dunia rapper, Lamar dan teman-temannya mulai membentuk Black Hippy rap.

Mengapa Lamar terkenal ? 

Lamar sebaiknya berterima kasih kepada Dr. Dre yang meminangnya untuk berada di bawah label rekaman Dr. Dre yaitu Aftermath Entertainment. Setelah menerima untuk rekaman dengan label rapper Dr. Dre, Lamar akhirnya menelurkan single "m.A.A.d City"dan debut pertamanya itu diterima oleh para pecinta musik Hip Hop sehingga lagu tersebut berada di tangga nomor 2 Billboard 200 chart. Sungguh suatu hal yang membanggakan diawal karir.

Pria berzodiak Gemini ini memiliki teknik rap yang unik dari rapper lainnya. Menurut saya pribadi, Kendirick Lamar seperti perpaduan antara antara black hippy dan soul rap. Jika bisa dirasakan dari lagu-lagunya Lamar, kita dapat menangkap bahwa hampir semua lagu Lamar berorientasi pada lirik lagu, bukan pada beat-nya. Inilah yang menjadi penyebab lagu-lagu Lamar yang terkadang memiliki ritme yang cepat, contohnya Humble yang beat-nya 150 bpm dibuat oleh Mike Will yang ternyata merupakan seseorang dibelakang beat-nya Gucci Mane. Kita sendiri tahu ketukan rap dalam lagu Gucci Mane terkesan lebih cepat dan itu terjadi pula dalam lagunya Humble milik Kendrick Lamar. Namun ada juga lagunya dalam tempo atau ketukan yang lambat dan agak soul seperti Love. Love sendiri memiliki genre Hip Hop dan juga R&B memiliki temo 126 bpm dan berduet dengan Zacari Pacaldo yang merupakan penyanyi soul sehingga benar-benar terdengar irama soul dalam lagu Love. Jadi intinya Lamar tidaklah seperti rapper lainnya yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga bisa diidentifikasi dengan mudah. Ia tidak seperti Gucci Mane atau Bustha Rhymes yang memiliki tempo yang cepat ataupun Lil Wayne yang agak trap dan lambat rapnya.
Dengan berkomitmen untuk orientasi pada lirik, menjadikan Lamar memiliki roh dan nafas yang berbeda pada setiap lagunya. Setiap musik pada lagunya selalu berbeda dan para penggemarnya akan selalu menunggu Lamar mengeluarkan lagu baru dan menantikan seperti apa liriknya. Anda dapat mendengarkan lagu dan video-video Lamar dengan mengunjungi dan bahkan men-subscribe akun channelnya yaitu Kendrick Lamar Vevo.Kehidupan Pribadi
Sosok Lamar bukanlah sosok yang kontroversial dalam dunia Hip Hop. Ia adalah seorang Kristen yang radikal. Hal terbukti dalam lagunya Good Kid, m.A.A.d. Ia benar-benar sangat mengidolakan Tuhannya bahkan sampai menggunakan baju Tuhan saat ke pesta Hallowen. Selain itu ia jarang ke klub malam dan juga tidak merokok seperti Lil Wayne. 

Lamar akhirnya bertunangan dengan Whitney Alford pada April 2015. Alford adalah kekasihnya yang sudah dipacarinya sejak lama. Alford dan Lamar sudah dekat sejak mereka masih duduk di sekolah menengah atas. Perempuan eksotis ini memiliki senyum yang sangat menawan dan dapat memikat siapapun. Alford juga terkadang di menjadi backing vokal-nya Lamar dan selalu mendukung karir bermusik Lamar. Di tahun 2015, Lamar menyampaikan pada Billboard magazine, ia tidak mengatakan Whitney adalah kekasihnya karena selama ini Whitney adalah teman terbaiknya (sahabat). Lamar bahkan dapat mengatakan ketakutannya pada perempuan ini. Wow sungguh sebuah hubungan yang dalam.

Selain dekat dengan Dr. Dre, Lamar juga memiliki hubungan pertemanan dengan rapper sensasional dan terkenal yaitu Kanye West. Ia membuka diri untuk mempelajari pengaruh Kanye West dalam hidupnya dan Ia belajar untuk kreatif dan tidak memilik banyak batasan dalam bermusik.Di tahun 2016, Kanye West mengatakan bahwa ia memiliki banyak lagu yang dibuatnya dengan Lamar. Selain itu ia juga dekat dengan Travis Scoot (pacar Kylie setelah putus dari Tyga) dan 2 Chains.


Semoga bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

...