Thursday, January 11, 2018

Review Lagu For You - Liam Payne ft Rita Ora

👨👩Soundtrack "Fifty Shades Freed"👨👩

↧↧↧

[Rita Ora & Liam Payne]
I’m free as a bird
When I’m flying in your cage
I’m diving in deep
And I’m riding with no brakes
And I’m bleeding in love
You’re swimming in my veins
You got me now

Again???? mereka kembali memilih salah satu dari eks personil One Direction untuk menyanyikan soundtrack dari sekuel film "Fifty Shades"... But it will be sounded nicely if it does well. 

Lagu ini benar-benar baru dirilis di minggu pertama Januari 2018. Sepertinya memang dirilis sebulan sebelum pemutaran film "Fifty Shades Freed". Mungkin, tujuannya untuk mengingatkan publik bahwa sebentar lagi film ketiga dari sekuel Fifty Shades akan ditayangkan, tepatnya di 9 Februari 2018 (di Amerika) atau pada saat minggu perayaan hari kasih sayang. 


Photo credit Daily Mail



Musik
Single "For You" yang dibawakan secara duet oleh Liam Payne dan Rita Ora ini pertama kali didengarkan ke publik melalui akun instagram Payne di postingan tanggal 5 Januari 2018. Musik lagu "For You" ini sangat ear catching dan nge-beat sehingga membuat badan turut bergoyang. Coba bandingkan dengan soundtracknya pada "Fifty Shades of Darker" yaitu "I Don't Wanna Live Forever" (Zayn Malik ft Taylor Swift) yang lebih lambar temponya atau agak RnB dengan kecepatan tempo 118 per minute. Mostly, untuk lagu bergenre electropop seperti "For You" ini biasanya memiliki ketikan 150 bpm. 

Kenapa pihak produser Fifty Shades akhirnya menjatuhkan pilihan pada lagu berirama ini?? Saya saat mendengar lagu ini saya juga berusaha memahami hal ini. Ellie Goulding saat membawakan lagu "Love Me Like You Do" juga tidak seceria atau se-beat lagu "For You" ini. Kemudian saya sadari bahwa inti cerita dari film "Fifty Shades Freed" ini adalah penyatuan kedua insan Grey dan Anna (pernikahan) dan perjuangan secara bersama-sama. Bukan lagi mengenai kisah perjuangan dramatis seorang Anna untuk menarik perhatian Grey (Fifty Shades of Grey) atau kisah Grey untuk mendapatkan kembali Anna (Fifty Shades Darker). Ini adalah "Fifty Shades Freed". 

"For You" ditulis oleh Ali Payami, Ali Tamposi, dan Andre Watt. Jadi Liam Payne dan Rita Ora juga tidak memiliki andil atas lirik maupun musik lagu ini. Mereka benar-benar berperan sebagai penyanyi. Ali Tamposi adalah salah satu penulis lagu "Stronger" (Kelly Clarkson), "Let Me Love You" (Justin Bieber), dan yang popular di tahun 2017 yaitu "Havana" (Camila Cabello). 

Dari awal sampai akhir lagu suara Rita Ora sangat dominan. Yah tidak masalah. Mungkin keinginan dari sang produser film yang memanfaatkan pemainnya, Rita Ora (Mia Grey) yang notabene juga seorang penyanyi. Ora menyanyikan part pertama dengan luar biasa. Suaranya terdengar sangat bersih. Terdengar sebagai pembuka yang baik. Nah, sayangnya peran Liam Payne sangat minor pada "For You". Selain itu Payne juga melakukan teknik bernyanyi seperti Zayn Malik pada bagian duetnya. Kenapa sih harus Liam Payne menggunakan suara kepala (headvoice) seperti Zayn kalau tidak memiliki power yang kuat seperti Zayn. Jadinya tertutup oleh suara Rita Ora yang powerful. Hakikatnya Liam Payne memiliki suara yang bagus. Saya rasa seharusnya bisa dipoles lebih berbeda pada bagian duetnya. Padahal lagu "For You" ini enak loh. 



Lirik
Long review short, lirik single "For You" mengisahkan tentang sebuah pengakuan. Pengakuan seseorang terhadap pasangannya bahwa dia merasa seperti di rumah saat hidup bersama pasangannya. I know I'm home. Sangat sesuai dengan plot cerita film Fifty Shades.

Salah satu bagian terkeren dari lirik lagu ini (IMHO) ada pada bagian terakhir verse 1 yaitu Changing what I thought I knew. I’ll be yours for a thousand lives.
Ada keinginan untuk mengubah pola pikir saat ingin bersama pasangannya untuk seribu tahun ke depan. Hiperbolis sih. Tapiiiii,,,,, yang nama sudah cinta pada pasangan, kadang kala seseorang akan berusaha melakukan apapun untuk bisa bersama (dan memiliki) pasangannya.

Saya sendiri belum pernah membaca novel Fifty Shades karangan E.L James. Sebenarnya bisa didapatkan dengan mudah di online store. Tapi menonton filmnya sudah cukup dan menunggu yang sekuel terakhir pun cukup bikin penasaran. Jadi lebih menyenangkan tetap penasaran dan menunggu daripada spoiler melalui novelnya. Nah, dari trailer yang sudah bisa ditonton di youtube atau imdb, yang dibuka dengan sapaan Good Morning Wife dan Good Mornig Husband memperjelas bahwa serial ketiga berorientasi pada kehidupan pernikahan peran utama dengan berbagai konflik yang terjadi. Jadi tidak mengherankan bahwa lagu yang dinyanyikan ole Rita Ora dan Liam Payne juga bermakna tentan perasaan seseorang dalam kehidupan bersama pasangannya.

Bagian reff lagu ini sangat sesuatu (dalam) maknanya. Been waiting for a lifetime for you. Been breaking for a lifetime for you. Wasn’t looking for love ’till I found you. Coba saja ada yang bisa nyanyiin lirik ini ke saya. Pasti saya akan terbang ke awan. Piss!!!! Bagian reff ini sepertinya bagus jika dinyanyikan dalam adegan pernikahan.

Pastinya saat artikel ini dipublikasi, saya belum menonton filmnya. Iya dong karena belum dirilis. Jadi saya menunggu pada adegan manakah lagu ini akan dimainkan. Saya sih berharap pada saat adegan pernikahan antara Mr. Christian Grey dan Miss Anastasia Steele.


Photo Credit from IMDB




fullstop





Baca Juga

No comments:

Post a Comment

...