Thursday, August 17, 2017

Review Lagu Fetish : Selena Gomez

Ini adalah single kedua Selena Gomez di tahun 2017. Fetish yang dikeluarkan pada 13 Juli 2017, atau tepatnya setelah lagu 'Bad Liar'. 
Musik dan Video: 
Selena memulai lagu ini dengan teknik menyanyi yang menitikberatkan pada vokal tanpa musik penuh. Jenis musik (genre) yang diusung Fetish adalah unsur pop murni, dengan tambahan 'trap-pop' sehingga musiknya kedengaran di telinga dengan beat yang lebih nge-trap karena ada sentuhan rap dari Gucci Mane. 
Saya sendiri juga penikmat musik rap dari Gucci Manne yang menurut saya memiliki sentuhan rap yang agak kasar dan cepat. Tapi saat melakukan rap di lagu Fetish, Gucci Mane terdengar agak santai dan tidak mendominasi dengan beat rap yang cepat. Bahkan boleh dikatakan pada verse 2, Selena bernyanyi dengan masuk trap-pop yang membuat dia lebih cepat dalam mengucapkan lirik lagunya.
 
Video musik dari lagu Fetish terlihat agak horor dan menyeramkan yang menceritakan kisah seorang gadis perempuan yang terlibat dengan perasaan emosional yang sangat dalam dan datar. Berbeda dengan Bad Liar yang masih menampilkan kehidupan sosial, Fetish menggambarkan kehidupan individual yang agak psiko. 

Dalam video klipnya, Selena menggambarkan kehidupan seseorang saat berada di dalam dan di luar rumahnya. Saat di luar, perempuan tersebut sangat berbeda, berpenampilan baik, dan menutup kehidupannya yang sebenarnya. Tetapi saat berada di dalam rumah, perempuan tersebut sebenarnya adalah seseorang bisa dibilang sakit jiwa. Perubahan warna pada video tersebut seperti menunjukkan kehidupan perempuan tersebut pada dahulu yang mungkin lebih bahagia.  Tapi kemudian perempuan terperangkan dengan hidup yang sekarang.


Lirik:
Lirik dari sebuah lagu adalah kunci memahami lagu tersebut secara utuh. Alasan sebuah lirik digubah menjadi sebuah lagu dengan pilihan musik dan video adalah suatu hal yang komplit untuk dinikmati. 


Lirik Fetish ditulis oleh beberapa orang, dan Selena juga memiliki andil dalam lirik tersebut. Lagu berdurasi 3 menit 6 detik tersebut secara komprehensif menceritakan pemujaan terhadap sesuatu. 

'If I were you, I'd do me too'... Lirik tersebut adalah sebuah pengandaian atau conditional sentence yang mana Selena sedang berbicara pada sesuatu yang mana Ia tidak dapat menjadi hal tersebut. Tetapi jika dirangkai setiap lirik tersebut maka hal tersebut adalah mengenai sesuatu yang jahat atau liar dari dirinya yang tidak ditunjukkannya kepada orang lain. 

Pada verse 1, Selena bernyanyi tanpa irama musik dengan lirik yang diulangi sebanyak dua kali yaitu "take it or leave it'. Bagian pembuka itu bagakan pertanyaan kepada dirinya dalam keadaan sadar. Hal ini didukung dengan videonya dimana pada bagian tersebut Selena berada di luar rumah dan terlihat sangat baik dan normal. 
Pada verse ini, Selena juga menyadari bahwa sisi liarnya itu takkan meninggalkan dia karena sisi liarnya itu dipuja atau fetish by Selena normal. 


Bagian chorus adalah inti pemaknaan lagu Fetish. Di bagian chorus atau refrein Selena menjelaskan bahwa sisi liarnya itu pergi tapi kembali lagi karena mendapatkan tempat atau dipuja oleh sisi normalnya Selena. Itu artinya Selena dapat berubah menjadi apa saja, tapi menjadi liar adalah bagian yang paling dicintai dan diterima oleh dirinya.

Selena pada bagian lirik dalam verse 2 menyatakan sisi liarnya telah mencapai batasnya (seperti ingin menguasai dan menjadi alter yang dominan) dan dia tahu bahwa susah dihentikan. 'Something about me, got you hooked on my body" menandakan bahwa kepasrahan Selena akan sisi liarnya menjadikan sisi liarnya tak terkontrol. Karenanya, pada bagian verse 3 yang merupakan bagian rap Gucci Mane, liriknya sangat tajam karena Selena ingin menyampaikan bahwa alter sisi liarnya boleh dominan tapi jangan sampai mematikan Selena.

Pandangan saya sebagai author yang mengamati lagu ini cukup menyeramkan. Saya lumayan takjub dengan Selena Gomez yang membuat lagu Fetish berirama pop dengan atmosfer cerita yang agak dark. Intinya dari lagu ini bagi saya adalah setiap orang memiliki sisi liar dalam dirinya, but it depends on that person, whether he might to follow the wild side or not. Beberapa orang membiarkan dirinya tenggelam dalam alter liarnya dan terperangkap lalu memuja dirinya yang seperti itu, tetapi lainnya tidak dan memilih menjalani hidup normal.
 

-----fullstop-----

Baca Juga

1 comment:

  1. Adult Niche is a high-reward game in Affiliate Marketing, especially on its Revenue-Share LIFETIME commissions, so go ahead and check the BEST of this business opportunity!
    The Easiest Way To Make Money Online Fast in 2018 ►►► CLICK HERE

    ReplyDelete

...