Tuesday, June 19, 2018

Pertunjukkan Spekta Film Oceans 8

OCEAN'S 8 (2018)
Sandra Bulock
Cate BlanchettAnne Hathaway
Rihanna




Bagi para pecinta Ocean's Eleven atau lebih tepatnya Danny Ocean (George Clooney) dan Rusty Ryan (Brad Pitt), mendengar Ocean's 8 hadir dengan peran utama Debbie Ocean (Sandra Bullock) adalah suatu pelepas rindu.  Sayangnya .......  



Bagaimana storyboard dan storyline film ini?
Ocean's 8 memiliki storyboard dan storyline yang hampir seimbang dari awal hingga akhir film. Visualiasi pada film ini setara dengan cerita pada setiap adegan yang ditampilkan yang mengusung konsep glamor. Memang sih, dikarenakan memiliki efek visual terkini, storyboard Ocean's 8 sedikit  lebih kuat dari storyline-nya. Jadi storyline hanya sebagai afirmasi dari setiap kehebatan visual Ocean's 8 yang dipertontonkan. Tentunya ada efek CGI dong di film ini terutama pada Twist Ending film ini. Sebagai heist movie, jujur saya memberikan nilai minus pada storyline karakter film ini karena lebih berfokus pada bintang-bintang yang namanya saya sebutkan di atas terutama Sandra Bullock, Cate Blanchett dan Rihanna. .

Bagaimana alur cerita Ocean's 8?
Pastinya progresif. Bahkan kisah Debbie dan Danny Ocean pun tidak mendapatkan menit khusus untuk dibuat penggalan kisahnya (flashback). Entah itu kisah kanak-kananknya mereka atau kejahatan bersama atau apapun itu yang menunjukkan kebersamaan mereka. Babak awal film Ocean's 8 sama persis seperti Oceann's Eleven saat Danny Ocean menerima pembebasannya. Ocean's 8 juga diawali dengan wawancara Debbie Ocean sebelum keluar dari penjara. Tidak mengherankan wong Soderbegh adalah produser di film ini. Bisa jadi ia memberikan ide yang sama pada Roos. Setidaknya untuk membuat de javu para pecinta trilogi Ocean's. Awalnya sih seru dan detail. Yup detail! Sang sutradara ingin menunjukkan kehebatan seorang Debbie Ocean di dalam penjara saat ia menjanjikan sesuatu kepada sang penjaga (sipir). Setelah pembebasan, entah bagaimana, alurnya agak boring dan saya agak ngantuk. Mata saya baru disegarkan kembali setelah melihat para ladies berkumpul di sebuah ruangan untuk membuat sebuah rencana. Hal ini berarti Garry Roos tidak sehebat Steven Soderbergh dalam menyampaikan storyline kepada penonton. 

Pada bagian akhir film barulahh alur atau plot mundur dibuat yang juga merupakan Twist Ending dari film ini. Tapi, adegan mengejutkan ini pun tak membuat saya menganggukkan kepala tanda kagum. Padahal, itu twist ending loh!!! Tapi di trilogi Ocean's sebelumnya, saya berdecak kagum untuk setiap adegan yang sebenarnya sudah saya tahu teorinya berdasarkan setiap rencana Danny Ocean dan tim. Apa yang salah? Tidak ada!! Hanya saja Roos tidak sehebat Soderbegh dalam menyentak pikiran penonton.


Keseluruhan Film ............
Kedelapan perempuan dalam Ocean';s 8 baru lengkap saat Daphne Klugger bergabung setelah aksi pencurian selesai dilakukan. Jadi tim Ocean's 8 secara lengkap adalah:

  1. Debbie Ocean, sebagai pemimpin tim (leader)
  2. Lou, yang merupakan teman lama Debbie 
  3. Rose Weil, sang desainer fashion ternama
  4. Nine Ball, pakar IT atau hacker jenius kulit hitam yang juga pemakai ganja
  5. Tammy, penadah dan penyalur barang gelap (penghubung dengan para pembeli)
  6. Amita, pakar perhiasan yang berfungsi untuk memotong berlian yang dicuri menjadi pecahan-pecahan yang berkualitas untuk dibagikan
  7. Constance, perampok berbakar
  8. Daphne Klugger, aktris berbakat dan terkenal, yang ternyata memiliki andil juga saat malam pencurian.


Sebagai film aksi bergerombol (heist movie), Ocean's 8 memiliki ide cerita yang bagus. Sangat bagus. Hanya saja tidak dieksekusi dengan baik. Penonton yang cerdas tidak hanya butuh efek visual yang canggih tetapi juga alur cerita yang menarik. Alur film yang progresif dengan memiliki twist ending sebenarnya sangat potensial untuk membuat sebuah film menjadi sangat menarik. Tetapi keberhasilan sebuah film 60% adalah usaha dari sang sutradara. Bagaimana ia menginterpretasi sebuah naskah atau skenario dan menyajikannya dalam sebuah visual bergerak yang berbunyi (film). Menurut saya, Roos kurang berhasil karena durasi 2 jam terlalu lama untuk sebuah film heist movie. Selain itu film ini memiliki adegan kejutan di akhir film yang berarti sebenarnya banyak adegan bisa dihilangkan atau dibuat secara cepat dan sisanya dikejutkan dengan penjelasan pada akhir film.   

Terlepas dari itu, sebagai penghibur, Ocean's 8 tidaklah buruk. Visualnya bagus. Beberapa scene memiliki dialog yang renyah. Kehadiran James Corden membuat film juga menjadi berwarna. Adegan balas dendam terhadap teman pria Debbie Ocean juga menjadi penutup film yang cukup membuat ngakak. Not bad-lah (untuk film penghibur yah). Yang pastinya film ini cukup spekta untuk komplotan pencuri yang terdiri dari para wanita cantik. Tidak mengherankan jika kita tetap disuguhi pertunjukkan spekta dari para ladies Ocean's 8.



Rating: 3/5


fullstop

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

...