Tuesday, March 13, 2018

Review Lagu Say Something - Justin Timberlake ft Chris Stapleton

Sobat adakah yang menjadikan lagu "Say Something" - Justin Timberlake sebagai lagu favorit di daftar putar? Jika ada, berkawanlah kita. LoL!

Ada peristiwa unik yang menyertai rasa sukaku pada lagu ini. If you believe or not, saya terhipnotis lagu ini karena diputar secara repetitif oleh Prambors. PRAMBORS? Iya loh. Prambros radio kesukaan kita semua. Seperti artikel sebelumnya tentang review album baru Timberlake, "Say Something" tidak terpilih dalam lima lagu yang difavoritkan pada album Man of The Woods. 


Jadi sobat, akhir pekan adalah saat menyenangkan untuk berkendara sepanjang hari mengitari kota Jakarta yang tidak semacet hari kerja (kemacetan hanya terjadi di titik-titik tertentu). Nah, Prambors adalah pilihan kedua jika semua lagu di daftar putar telah bosan didengarkan. In fact, Prambors usually plays new songs during the month. "Say Something" adalah salah satu lagu baru di bulan Januari 2018 dan kerapkali dimainkan oleh Prambors 3-5 kali sehari. 

Youtube


Jujur, I felt nothing when I heard this song at the first time. But, when the song was playing repeatedly and my ear caught the point of the song, I was obviously being in love to the song. I really highly recommended this for you. What I like about this song will be my review hereunder:


Musik & Video 

Sepertinya Timberlake mengukuhkan dirinya bukan hanya sebagai penyanyi, tapi pemusik sejati melalui album Man of The Woods. Pada klip video lagu ini, kita akan menemukan Timberlake yang sedang bermain launchpad untuk membuat musik awal. Setelah itu ia mulai menjemput teman duetnya, Stapleton, dan kemudian mereka bernyanyi serta bermain gitar bersama. 

Dengan melihat Stapleton sebagai teman duet Timberlake maka sudah jelas jenis musik sebagai tema lagu ini adalah musik country-rock. Stapleton sendiri adalah peraih lima piala Grammy dan sejumlah penghargaan lainnya. Mungkin namanya terasa asing di telinga kita khususnya telinga remaja jaman kini (Gen X dan Z). Tapi para pecinta musik country dan juga mungkin rock mengenal sosok yang bernama lengkap Christopher Alvin Stapleton. 

Youtube


Meskipun ada unsur rocknya, tapi menurut saya dari setiap nada-nada yang terdengar dan juga dinamika lagu (minor dinamika karena lagu ini sedikit datar) "Say Something" lebih condong ke country modern. Ada unsur remix pada intro lagu. Selanjutnya lagu bermain dengan verse yang diaransemen berulang dan menonjolkan permainan gitar keduanya. Menurut kalian siapa yang lebih jago, Timberlake atau Stapleton?

Lagu ini ditulis oleh kedua penyanyi tersebut dengan sedikit bantuan dari beberapa pihak lainnya. Stapelton sungguh memuji Timberlake dan menyatakan ia seperti ada sesuatu yang meledak ketika bisa bekerja sama dengan pria yang kreatif seperti Timberlake. Yaialah, orang Timberlake terkenal seantero jagat raya. Ssobat, ternyata Timberlake juga memuji Stapleton. Menurutnya Stapleton adalah artis yang sebenarnya. Jadi Timberlake terpancing dengan permintaan Stapleton untuk berkolaborasi which is saat itu mereka belum punya konsep sama sekali. Akhirnya lahirlah lagu "Say Something". 

Hebat sekali proses pembuatan video musik resmi (official video) "Say Something". Videonya terkesan seprti rekaman langsung (live recording) dan memang video ini dibuat secara live. Lagu ini sangat luar biasa. Bisa kalian bayangkan betapa beraninya Timberlake mengeluarkan sebuah video musik yang dibuat secara orginal semua unsur musiknya termasuk saat bernyanyi juga tidak dibuat pre-recorder. Di bawah arahan La Blogotheque, Timberlake dan Stapleton mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Saya salut dengan setiap orang yang bekerja keras dalam pembuatan video ini. Kerja keras tersebut terbayarkan dengan jumlah penonton klip video "Say Something" di youtube mencapai 104 juta penonton. Padahal ini jenis musik yang tidak biasa didengar oleh penggemar Timberlake. Tapi ternyata karyanya yang satu ini mendulang sukses. 



Lirik 


Ohmagad (biar kekinian), jujur saya merasa agak susah menginterpretasikan kata-kata lirik lagu ini secara harfiah maupun menganalisa liriknya secara ekstensif. Lagu ini memiliki makna yang agak absurd dan kosong. Tapi saya menangkap makna lagu ini adalah seseorang yang sedang tersesat dalam sebuah hubungan. Orang tersebut sebenarnya memiliki arah yang jelas dan orang-orang sekitarnya tahu akan hal itu. Tapi melihat ia terperangkap dan tersesat dalam keadaannya sekarang, orang-orang meminta dia untuk katakan sesuatu (jika ingin dibantu). 

Sayangnya, orang yang tersesat adalah orang keras kepala. Ia malah berpendapat bahwa mungkin saja ini terjadi karena ia mencari sesuatu yang tidak bisa ia miliki. Dia sadar akan hal itu. Bahkan ia menyatakan tidak ingin terperangkap. Tapi kenyataannya ia melakukan hal itu. Dan ia terperangkap. Semua orang tahu bahwa ia salah dan memanggilnya untuk katakan sesuatu kalau saja ada yang bisa mereka bantu. Tapi ia tetap keras kepala. Yah ada benarnya juga secara itu hidupnya dia. Cara terbaik yang ia lakukan adalah "Sometimes the greatest way to say something is to say nothing". (Bodoh amat sama orang)



...fulstop... 




Baca Juga

No comments:

Post a Comment

...