Saturday, February 17, 2018

Review Lagu The Scientist - Coldplay


"Oohh take me back to the start"

Rasanya belum lengkap jika saya melakukan ulasan lagu tanpa mengulas lagu kesukaan saya dari band favorit saya juga. Coldplay, band asal Inggris. Entah sudah berapa kali saya menyanyikan lagu ini saat berkaraoke ria. Mungkin sudah ribuan kali juga lagu ini bergema di telinga saya. 

Saya berani bertaruh bahwa banyak orang yang suka dengan lagu ini. Lihat saja klip videonya di youtube sudah ditonton lebih dari 400 juta penonton. Kalau saja lagu ini dirilis di tahun 2010-an, percaya atau tidak mungkin akan menembus 1 miliar penonton. 


Musik


Siapapun yang mendengarkan lagu ini sudah pasti merasakan unsur soft rock yang dikemas melalui suara piano dari awal lagu hingga selesai. Intro lagu ini dibuka dengan irama piano. Tak hanya sampai di situ, irama pembuka terus mengiri sampai refrain di menit ke 1:50. 

Setelah itu dentuman drum mulai terdengar, petikan gitar yang diminimalisir suaranya oleh Coldplay pun tetap terdengar. Jangan salahkan Christ Martin cs jika tidak memberikan sentuhan gitar yang kental dalam lagu-lagunya. Namanya juga band dengan jenis musik alternative rock. 


Dari segi musik begini pendapat saya: 


"The Scientist" memiliki irama yang sangat melankolis. Meskipun sudah diaransemen dengan dentingan piano yang temponya dinamis ditambah dengan suara drum, lagu ini tetap saja terdengar melankolis dan sedih. Perpaduan antara gitar, drum, dan piano sangat harmonis. Martin berhasil menggugah hati penggemarnya dengan suaranya yang merdu. Lagu tersebut terinterpretasi dengan baik. Lagu ini ditulis oleh Christ Martin dan  juga andil dari beberapa personil Coldplay lainnya yaitu Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion.

Selain penghayatan yang sempurna dari suara Christ Martin, video klip lagu ini juga mendukung makna lagu "The Scientist". Video musik dari lagu ini sangat sederhana. Properti di awal video musik "The Scientist" hanyalah sebuah dipan, sepeda, mobil dan seorang pria yang diperankan secara langsun oleh sang vokalis. Christ Martin sepertinya selalu jadi pilihan utama untuk model video klipnya. 





Lirik


Saya pertama kali mendengar lagu ini di tahun 2003. Jujur, saya tidak begitu menyukainya. Wong saat itu saya masih SMP mendengar lagu alternative rock masih rasanya aneh. Tapi semenjak saya menyukai genre rock saya pun menyukai lagu ini. Bahkan sangat suka. Menurut saya, ini salah satu lagu balada yang agak datar iramanya tetapi tidak bosan untuk didengarkan. Ada yang setuju???

Lirik lagu "The Sientist" mudah untuk dipahami baik secara bagian per bagian atau keseluruhan. Yang sukar hanyalah judulnya. The Scientist????  Yap, The Scientist. Ilmuwan. Mengapa Ilmuwan? Apa relevansinya dengan lirik-liriknya yang berisi perpisahan dan keinginan untuk kembali memulai dari awal lagi??

Saya pun bertanya-tanya tentang hal ini. Sebagai penulis lagu yang terkenal akan kejeniusannya merangkai kata-kata sehingga menjadi lirik lagu cinta yang indah didengar, Christ Martin tidak sembrono menempatkan "The Scientist" sebagai judul lagu tersebut. 
Tidak seperti Fix You, Yellow, Up and Up, dan sekian lagu Coldplay lainnya yang judulnya digunakan juga dalam liriknya. The Scientiest tidak demikian. Tidak ada satu pun kata "The Scientist" muncul secara eksplisit dalam bait dan refrein lagu. 

Secara singkat dapat saya sampaikan interpretasi saya atas lagu ini. 

Come up to meet you, 
Tell you I'm  sorry
You don't know 
how lovely you are

I had to find you
Tell you I need you
Tell you I set you apart


Dari verse pertama saja kita sudah tahu arah dari lagu ini. Artinya lagu ini merupakan sebuah lagu penyesalan dari seseorang (pria) kepada mantannya. Saya menentukan seseorang itu sebagai pria karena kebetulan vokalis dan model video klip lagu ini adalah lelaki. Jika yang membaca artikel ini adalah perempuan, silahkan dimaknai sebaliknya. Entah yang dimaksudkan adalah mantan pacar atau mantan gebetan. Prinsipnya, perempuan ini pernah dekat dengan pria tersebut. 

Tell me your secrets
And ask me your questions
Oh, let's go back to the start

Running in circles
Coming up tails
Heads on a science apart


"Your secrets" ini artinya hal-hal tersembunyi lainnya yang belum diketahui oleh sang pria. Yang kemungkinan besar selama ini bertabrakan dengan apa yang dilakukan oleh sang pria sehingga selalu menimbulkan masalah. Lalu, sang pria mengajaknya kembali ke awal. Berputar lagi dalam lingkaran atau kembali dalam lingkaran (hubungan) mereka untuk mencapai akhir. Maksud kata "tails" bagi saya adalah ekor dalam artia bagian terakhir atau buntut dari sebuah hubungan. Melakukan semuanya dengan pikiran yang terpisah dari logika. Di bagian akhir bait 1 ini, kita bisa menafsirkannya bahwa selama berhubungan, segala sesuatu dilihat dari sisi ilmu pengetahuan. Artinya ketika terjadi suatu peristiwa, sang pria mempertimbangkan sisi logika dan rasionalnya. Ternyata hal-hal yang dipikirkan secara logika itu justru menimbulkan masalah. Setelah kekasihnya pergi, dia baru sadar masalah terbesar dalam hidupnya justru kehilangan.


Nobody said it was easy
It's such a shame for us to part
Nobody said it was easy
No one ever said it would be this hard

Oh, take me back to the start

Pada akhirnya di bagian chorus sang pria menyalahkan keadaan. Dia bersungut tidak ada yang mengatakan bahwa ini mudah. Saat berpisah dia butuh orang-orang disekitarnya untuk mengatakan padanya "Ini ga berat.. bisa dilewati kok". Tapi tak ada yang memberi dukungan padanya sehingga dia katakan pada dirinya sungguh memalukan untuk berpisah. Ia melihat dirinya yang menjadi lemah karena perpisahan dan it's such a shame for him. Dia semakin kesal dengan keadaan karena tidak ada yang mendukungnya, dan juga tidak ada yang pernah mengingatkan dia  sebelumnya (ever said) bahwa perpisahan itu sulit dilalui. Butuh waktu untuk lepas dari semuanya itu. 

The last, dia mengeluh dan (seakan) berteriak, mari mulai lagi dari awal. 



I was just guessing
At numbers and figures
Pulling the puzzles apart

Questions of science
Science and progress
Dont speak as loud as my heart

Verse ini termasuk yang paling susah untuk dimaknai. Menurut saya, di verse ini ibarat seorang ilmuwan, sang pria membuat pertimbangan (tebakan). Ia mencoba menghubungkan kembali kepingan-kepingan yang terpisah. Artinya ia membuat perhitungan. Mencoba memberikan pertanyaan-pertanyaan ilmiah layaknya seorang ilmuwan sedang berpikir. Tapi akhirnya dia berharap, bahwa hasilnya (progress) tidak berbicara lantang seperti hatinya sekarang. Artinya semua pertimbanganya selama ini dari sisi science (pikiran) tidak ada apa-apanya dibandingkan hatinya (perasaan) sekarang. Di bagian akhir ini baru ada relevansinya dengan pre-chorus yaitu dilirik Heads on a science apart. 



Pengamatan Author


Mau dimaknai seperti apapun dan bagaimanapun, maksud dari lagu ini hanya satu "Oohh take me back to the start". Intinya tidak ada yang lebih menyakitkan daripada ditinggalkan sang kekasih. Lantas solusinya adalah mari kembali memulai dari awal. Tidak perlu memikirkan banyak hal secara logika. Ini adalah sebuah perasaan. Perasaan itu sifatnya di luar nalar dan logika. Kadang tidak terjangkau dan tidak terpikirkan. Tetapi ketika sebuah perasaan sudah muncul dan berbentuk dalam sebuah hubungan, maka ia hanya dapat dinikmati. Jika dipikirkan, pasti akan berbeda rasa dan perlakuannya. 

fullstop





Baca Juga

No comments:

Post a Comment

...