Sunday, February 4, 2018

Review Lagu Ed Sheeran feat Eminen - RIVER

Sepertinya penggemar Eminem akan berterima kasih pada musisi bertalenta, Ed Sheeran. Dia memang musisi handal yang tahu bagaimana tahu caranya memuaskan telinga penikmat musik. Sheeran menerima pinangan Eminem untuk berduet pada lagu terakhir album Revival

Di akhir tahun 2017, Marshal Bruce Mathers III a.k.a EMINEM merilis lagu terakhir dari album Revival yang berjudul "River". Lagu tersebut dinyanyikan secara berduet dengan Ed Sheeran. Siapa menyangka EMINEM bisa berduet dengan Ed Sheeran, atau hmmm bagaimana bisa terlintas Eminem memikirkan sosok Ed Sheeran untuk berduet dengannya. Gaya rap EMINEM di lagu "River" sangat terdengar seperti pada lagu "Love the Way You Lie" dengan gaya yang sedikit berbeda. Sheeran menyanyikan bagian chorus sebagai awal lagu sebelum bagian Eminem. Setelah itu Eminem menyikat habis verse 1 dengan gaya rap ciri khasnya. 


Verse dua juga dibuat dengan sedikit dinamika. Awal verse 2 dibuka dengan nada yang sedikit tinggi. Bagian awal verse 2 itu membuat saya teringat lagu "Just Lose It". Kemudian di bagian pertengahan Eminem melakukan rap dengan nada datar dan kemudian membuat klimaks verse 2 dengan rap yang semakin cepat dan nada yang tinggi. Bagian chorus setelah verse 2 diaransemen dengan apik oleh Sheeran. Dia menambahkan part baginya dan Eminem untuk nyanyi berbalasan (bukan rap) yaitu My names oh My names, Denver oh River run. Call me oh Call me.. River oh we let the river run.  

Alasan saya mengatakan "River" dibuat berbeda dengan "Love the Way You Lie" adalah Eminem hanya melakukan rap sampai klimaks lagu. Pada "River", Sheeran justru menambahkan bagian anti-klimaks untuk rap Eminem di verse 3 dan verse 4. Menurut saya ini adalah sesuatu jenius. Jadi dia membuat rap Eminem lebih dinamis. Pada akhir lagu orang berpikir Eminem akan memerikan sentuhan rap yang keras dan kasar seperti biasanya, tetapi diaransemen berbeda. Ia menutup lagu dengan memperlambat tempo rap Eminem, menurunkan nada rap, dan closing dengan chorus. 

Banyak yang mengkritik lagu ini karena gaya rap Eminem yang tempramen, overstuffed (padat, tebal, cepat) yang jika disandingkan dengan Ed Sheeran terkesan sangat timpang karena Sheeran identik dengan love song yang lembut. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah album Eminem. Sebagai produser di albumnya sendiri, Eminem berhak menentukan seperti apa lagunya dinyanyikan. 



Makna Lagu 

Lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang jatuh dalam dosa karena ingin membantu seorang perempuan (Suzane) yang dikhianati suaminya, Jack. Kalian perlu cari tahu apa arti kata Jack dalam idiom dunia barat. Alih-alih membantu Suzane, si pria tersebut justru berhubungan badan dan hamillah perempuan tersebut. Sang pria merasa sangat berdosa dan membutuhkan holy water untuk disucikan. Artinya dalam ajaran agamanya (Kristen), sang pria harus ke sungai untuk dibaptis / disucikan di sungai karena dosa yang ia perbuat. Tapi ia bimbang karena ia tidak membuat pengakuan. Akhirnya ia tetap menahan sakit dan membiarkan sungai itu mengalir. Mungkin suatu hari ia pergi ke situ.


Adakah diantara kalian yang khilaf seperti cerita lagu "River"?


fullstop



Baca Juga

No comments:

Post a Comment

...