Friday, September 8, 2017

Pelajaran Hidup Dari Film American Made


AMERICAN MADE
Tom Cruise as Bary Seal
Domhnall Gleeson as Monty Schafer
Sarah Wright as Lucy Seal


DIRECTOR: DOUG LIMAN


Barry Seal, pilot asal Amerika yang menjalani hidup secara monoton yaitu mengemudikan pesawat untuk Trans World Airline (TWA), mabuk-mabukkan untuk menghibur diri sendiri, dan pulang di malam untuk berjumpa dengan istrinya. Ia juga mengambil peluang untuk menyelundupkan cerutu ke Amerika. Tidak mengambil kesempatan bagus bukanlah  namanya orang Amerika.

Kemampuan Seal sebagai pengemudi pesawat udara sudah tidak diragukan. Ia seorang pilot yang handal. Suatu malam Monty Schafer, agen CIA datang dan menawarkan kerja sama dengan Seal yang diawali dengan cerita penyelundupan cerutu tersebut. Tentunya Seal terkejut. Alih-alih menuntut Seal untuk kerja paksa, Schafer malah menawarkan kerja samadengan imbalan sepadan. Setelah disampaikan maksud dan keuntungan dari kerja sama tersebut, Seal pun mennyetujui tawaran Schafer, tanpa diketahui istrinya. Bisa dikatakan hal tersebut mengubah hidupnya serta pola pikirnya.

Segala sesuatu berjalan lancar sampai Seal bertemu dengan kartel Medellin yang beranggotakan raja narkoba dan geng-nya. Seal juga ditawari kerja sama oleh kartel tersebut. Masalah datang saat Seal ditahan polisi Kolumbia dan Schafer datang membebaskannya. Setelah itu agar kerjasamanya dengan Schafer berjalan lancar, Seal dipindahkan ke kota Mena, Arkansas. Sang istri, Lucy Seal akhirnya tahu penyebab Seal dipenjara dan keluarganya pindah ke Mena. Saya sempat dibuat takjub pada setiap adegan dari Seal keluar penjara sampai pindah ke Mena.

Di Mena, Seal tetap menjalankan pekerjaan dari Schafer, dan juga melanjutkan kembali kerjaannya dengan kartel Medellin sebagai kurir. Lucunya, pekerjaan-pekerjaan ini menghasilkan uang yang sangat banyak. Yah, sangat banyak. Saya membayangkan jika Seal saja memiliki banyak uang, bagaimana dengan kartel Medellin.

Sobat, akhir dari film ini adalah Seal meninggal dunia. Tragis. Ironis. Sedih. Bukan cerita dengan akhir yang bahagia. Iya benar sekali sobat. Tapi sebenarnya banyak pelajaran penting dari film ini yang saya rangkum menjadi 3 (tiga) yaitu:

  • Oportunis harus dirasionalkan
Sebagian orang sangat menyukai yang namanya kesempatan dengan keuntungan yang tinggi. Hal ini bukan hanya bagi orang Amerika saja. Hanya saja, terkadang kesempatan yang datang jangan kita ambil langsung. Ada baiknya kita pikirkan dulu untung ruginya. Tindakan Seal saat mengambil kesempatan untuk jadi pilot khusus spionase dengan bayaran lebih tinggi dari pekerjaan sebelumnya tidaklah salah. Tapi saat ia menerima tawaran menjadi kurir bagi kartel Medellin saya rasa bukan hal yang benar. Seal bisa saja melaporkan kepada Schaffer dan berdiskusi sehingga kartel ini tidak ditangkap di akhir film. Kesempatan apapun yang datang dalam hidup hanya menguji kita dan ketahanan. Pendapat saya seperti ini karena American Made adalah film kisah nyata yang benar-benar terjadi dan membuat saya geram kenapa Seal terlalu oportunis.

  • Konsisten
Dalam dunia kerja dan peningkatan taraf hidup, kata ini mungkin tidak berlaku bagi orang Amerika. Jika bisa yang lebih tinggi kenapa harus jadi yang kecil. Konsisten ada hubungannya dengan merasionalkan setiap tawaran yang datang. Rasional berarti kita berpikir danmempertimbangkan segala sesuatu masuk akal sehat kita ataukah tidak. Apa yang akan kita putuskan dampak kedepannya seperti apa. Menjadi konsisten adalah akibat dari berpikir rasional yang kita lakukan. Konsistensi tidak mudah. Seal karena sudah merasakan uang berdatangan tiada henti maka ia tidak lagi berpikir apa yang akan terjadi di kemudian hari. Ia mulai berpikir lagi ketika masalah datang.

  • Loyalitas
Agen CIA pada umumnya adalah orang-orang yang loyal dengan pekerjaannya. Mereka mengabdikan dirinya pada pekerjannya. Menelaah pekerjaan setiap incinya. Seal tidak memiliki itu walaupun ia memiliki orang-orang yang loyal kepadanya. Ia hanya mementingkan uang dan keluarganya. Ia tidak setia kepada Schaffer, tidak juga kepada kartel Medellin. Karenanya saat ada masalah, kedua orang tersebut justru ingin membunuhnya. 


Saya tidak merekomendasikan film ini kepada orang-orang yang ingin melihat aksi laga Tom Cruise atau aksi spionase Tom Cruise (bukan sebagai pilot yah). Film ini bertemakan film drama komedi tentang biografi seorang pilot terkenal. Tom Cruise yang berperan sebagai Bary Seal tetap menampilkan gayanya yang sok tahu. Bedanya dengan peran-peran sebelumnya, Tom Cruise terlihat konyol dengan gaya songongnya sehingga menimbulkan rasa lucu. Jika kalian ini melihat Tom Cruise dengan aksi berbeda, American Made adalah salah satu yang saya rekomendasikan.



7,5/10


fullstop

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

...