Tuesday, December 12, 2017

Review Lagu "Perfect" (Duet Ed Sheeran dengan Beyonce)

Ed Sheeran featuring Beyonce ? Penyanyi pria romantis berduet dengan penyanyi multi-talenta? Adakah yang luar biasa dari lagu ini? Lebih bagus dinyanyikan secara solo ataukah duet?

Lagi, lagi dan lagi Sheeran mengguncang industri musik dengan lagu romantisnya. Setelah terkenal dengan single bergenre soul nan romantis luar biasa "Thinking Out Loud" kemudian disusul dengan single pop yang disentuh dengan tambahan musik dancehall "Shape of You", Sheeran kembali menaklukan hati para penggemarnya dengan lagu akustik berjudul "Perfect". 

Sobat, lagu "Perfect" ini sebenarnya sudah rilis dari bulan Maret 2017. Saya sudah mendengarnya sejak awal dirilis di salah satu aplikasi musik. Sejak awal didengar, saya suka sekali dengan musiknya dan liriknya. Tapi saya merasa agak aneh kenapa lagu ini tidak se-booming lagu Sheeran lainnya. Pada saat itu memang yang sedang trending adalah lagu "Shape of You". Saya pikir lagu ini mungkin biasa saja dan underrated. Kenapa?? Karena pada saat rilis hanya official audio saja yang dirilis dan belum ada video musiknya. Tapi pada November saya mendapat notif video klip "Perfect" di menu trending bagian music pada aplikasi youtube. 



Lagu bergenre akustik ini akhirnya menjadi trending dimana-mana khususnya setelah dinyanyikan oleh Sheeran di acara X Factor pada 26 November 2017. Setelah itu dirilis versi duetnya dengan Beyonce.

Actually, ini memang bukan pertama kalinya Ed Sheeran duet dengan penyanyi bintang. Sebelumnya ia pernah berduet dengan Taylor Swift. Tetapi harus diakui duo kali ini sangat keren. It's liiiiiiitttt!!! 

"Perfect" akhirnya mendapat tempat teratas di tangga lagu UK Single Chart. Versi duetnya juga masuk ke Billboard Hot 100 dan menduduki posisi pertama untuk minggu ketiga Desember 2017. Sheeran, you nailed it again
Tangga lagu Billboard Desember 2017

Tangga lagu UK Single Chart Desember 2017

Sheeran mengawali lagu duet ini seperti lagu originalnya. Dia menyanyikan part-nya persis seperti pada single-nya dan terdengar tidak ada perubahan. Menurut saya sih kemungkinan ini dua rekaman berbeda yang disatukan. 
Di lagu "Perfect" untuk part-nya sendiri, Sheeran nyanyikan dengan dominasi suara yang kuat tanpa diiringi suara pembantu (backing vocal). Irama yang mengiringi suara Sheeran juga lebih condong ke petikan gitar. Terdengar sangat akustik. Lain halnya dengan part-nya Beyonce. Beyonce menambahkan suara pembantu dengan gaya bernyanyi lebih ke musik gospel. Perbedaan ini yang membuat "Perfect" sangat enak didengar. Tidak menoton. Apalagi saat bagian lirik yang dinyanyikan secara bersama di menit-menit terakhir lagu. Beyonce tidak mencoba untuk mengeluarkan suara yang powerful dan Sheeran tetap santai sehingga kedengaran harmonis di telinga. Sobat ternyata untuk versi duet ini, Beyonce juga memiliki andil sebagai penulis. Menurut saya ini Beyonce sangat luar biasa dalam menentukan bagian-bagian yang cocok untuk dinyanyikan olehnya dan bagian untuk dinyanyikan secara bersama. Kemungkinan Beyonce harus berpikir keras untuk hal ini karena berduet dengan seorang Sheeran tidaklah gampang. Tipikal bernyanyi Sheeran tidak mudah untuk dijadikan teman duet. Salah menempatkan partiturnya bisa menjadi sebuah kegagalan dalam proyek tersebut.


Makna Lirik

Tidak bisa dipungkiri bahwa lagu "Perfect" adalah salah satu lagu terbaik dari Ed Sheeran yang pernah ada. Makna lagu ini sangat menyentuh hati pendengarnya, dan mungkin saja banyak yang sudah merasakan pengalaman yang sama dengan setiap lirik yang ditulis oleh Sheeran. Ini adalah sebuah lagu tentang penantian yang terjawab. Penemuan akan cinta yang selama ini ditunggu. Aneh dan lucunya, seseorang yang ditemukan adalah seseorang yang pernah bersamanya. Ia pun mulai memuji sang pujaan hati dan berjanji tidak melepasnya lagi. Dan sobat, tahukah kalian ini lagu cinta monyet? Oke kalau terkesan sarkas, ini adalah lagu cinta muda-mudi. Saya suka lagu ini. Sang lelaki terkesan dewasa. Walaupun ia sadar bahwa mereka masih belia, tapi ia berharap suatu saat mereka tinggal serumah (menikah) karena ia menemukan perempuan yang bukan hanya dapat memegang rahasia, tapi berjalan bersamanya dalam setiap beban yang ia pikul. 

Jodoh, dapat dikatakan sebagai salah satu hal di dunia ini yang tidak bisa kita temukan kecuali melalui petunjuk Sang Pencipta. Di lagu ini, sang lelaki seperti menemukan jodohnya. Ia sepertinya merasa cemas dan berharap tidak lagi gagal karena gadisnya adalah gadis yang sempurna. Satu hal yang dimiliki sang lelaki adalah keyakinan (faith). Hal itu yang akan membuat ia kuat untuk berjalan bersama kesempurnannya itu.    


Saya sendiri berharap ada video musik dari lagu ini. Bahkan jika bisa diunggah behind the scene proses rekamannya. Sebagai penikmat musik, yang pasti saya suka sekali dengan versi duet "Perfect" dan mengapresiasi dengan nilai tinggi.
Enak didengar, tidak menoton, dan musiknya keren.

Good job, Sheeran!!!!


.....fullstop.....



Baca Juga

1 comment:

  1. mantab ulasan lagunya om.. saya sangat senang dengan ulasan ini. terima kasih.

    monggo mampir juga di situs download lagu mp3

    ReplyDelete

...